Jumat, 20 Februari 2015

Term of Reference (TOR) Penerbitan Buku
“Pondok Pesantren Pabelan pada
Periode Kepemimpinan Kolektif-Kolegial 1993-2015”

Kerangka Dasar

Pondok Pesantren Pabelan pada tahun ini berusia 50 tahun (28 Agustus 1995-2015). Rentangan ini bisa dibedakan menjadi dua periode, yakni selama 28 tahun kepemimpinan tunggal KH Hamam Dja’far (1995-1993) dan 22 tahun kepemimpinan kolegial (KH Ahmad Mustofa, KH A Najib Amin dan KH Muh Balya), 1993-2015. Buku yang dulu berjudul “Kiai Hamam Dja’far dan Pondok Pabelan” (2008, Jakarta: PT Pustaka Jaya) sedikit-banyak telah menjawab pertanyaan untuk periode pertama. Diharapkan buku ini mampu untuk menjawab pertanyaan periode berikutnya: Bagaimana Pondok Pabelan pada kepemimpinan kolektif? Atau dengan pertanyaan yang historis tetapi bersifat tendensius: Bagaimana Pondok Pesantren Pabelan Sepeninggal KH Hamam Dja’far?
Tentu jawaban para santri sebagai stakeholder internal langsung merupakan data prioritas buku ini. Mereka inilah yang secara nyata telah memilih-memercayai pendidikan di lembaga ini, mereka inilah yang mengalami dan menghayati dari hari ke hari model pendidikan kepesantrenan yang dikelola oleh kepemimpinan kolektif-kolegial, mereka inilah yang kemudian membuktikan bagaimana pengaruh model pendidikan pilihannya itu dalam gerak hidup peran sosial pasca-santri (alumni) di lingkungan besar berikutnya. Secara rinci para santri inilah yang diundang-diajak untuk menceritakan-mengekspresikan jawaban atas tiga pertanyaan berikut ini:
·         Bagaimana model/warna pendidikan di Pondok Pesantren Pabelan?
·         Bagaimana santri mencari-menemukan jatidiri mereka?
·         Bagaimana celupan pendidikan tersebut berpengaruh pada diri pasca-santri (alumni) guna pengembangan diri dalam berperan sosial di masyarakatnya?
Perlu ditambahkan dan disadari bahwa santri yang dididik pada periode kedua ini saat ini relatif masih muda usia ataupun ‘belum-demikian-jadi’ karena usianya berkisar 20-33 tahun. Namun tentu seberapapun mudanya usia pastilah para alumni itu sudah mulai memilih peran dan bidang  kehidupan yang digelutinya. Apapun pilihan itu, dan seberapapun karier-prestasinya saat ini. Sebab pendidikan di lembaga pesantren ini memang tidak ‘mencetak’ santri untuk menjadi kiai ataupun profesi tertentu lainnya melainkan benar-benar diarahkan untuk menjadi diri mereka sendiri (to be them selves). Beraneka-ragamnya kegiatan ‘ekstrakurikuler’ ataupun keterampilan pendukung kegiatan santri 24 jam per hari yang holistik itu menegaskan arah yang demikian. Disadari benar bahwa subjek-pelaku belajar adalah santri.

Tujuan
Dua tujuan dirumuskan dari rangkaian kegiatan ini, yakni:
1.    Terdokumentasikannya tulisan para santri periode kedua, periode kepemimpinan kolegial Pondok Pesantren Pabelan tahun 1993-2015 mengenai model pendidikan yang berlangsung, proses pencarian-penemuan jatidiri santri serta pengaruh pendidikan tersebut dalam ikut menguatkan pasca-santri (alumni) berkiprah di lingkungan sosialnya.
2.    Terbitnya buku “Pondok Pesantren Pabelan pada Periode Kepemimpinan Kolektif-Kolegial, 1993-2015”.

Pengorganisasian Buku
Tajuk buku ini adalah “Pondok Pesantren Pabelan pada Periode Kepemimpinan Kolektif-Kolegial, 1993-2015”; berisi tulisan dan kesan para santri mengenai model pendidikan yang berlangsung di Pabelan, Proses Pencarian-Penemuan Jatidiri Santri dan Pengaruh pendidikannya pada pasca-santri (alumni) dalam menguatkan peran sosial di masyarakatnya. Pengorganisasian buku akan didasarkan pada naskah yang masuk. Adapun pasca-santri (alumni) yang diminta-diundang untuk menulis terdiri dari perwakilan masing-masing angkatan/tahun, perwakilan bidang-kehidupan serta perwakilan wilayah asal. Namun hakikatnya buku ini bersifat terbuka untuk semua santri Pabelan pada periode kedua.

Ketentuan Naskah
Naskah yang masuk diharapkan memenuhi:
1.    Panjang maksimal tulisan 15 halaman kuarto (karakter).
2.    Menyertakan biografi singkat penulis/penyumbang naskah
3.    Waktu pengiriman paling lambat 31 Maret 2015 cap pos
4.    Alamat pengiriman : Panitia Buku d.a. Pondok Pesantren Pabelan PO Boks 800 Muntilan Jawa Tengah 56408 atau lewat faksimili (0293)782040, 782061, 782110 atau ke e-mail:
5.    Naskah yang masuk merupakan sumbangan penulis kepada Pondok Pesantren Pabelan

Panitia Buku
Penasihat                    : KH Drs. Ahmad Mustofa, KH Ahmad Najib Amin, KH Muh Balya
                                    Penyunting                  : Muhammad Nasirudin, M.A.
                                    Ketua                           : Nurul Faizah, S. Ag.; Drs. H. Jumari
                                    Sekretaris                    : Drs. Nurhamid Effendi; Masruchin, S. Pd. I.
                                    Bendahara                  : Nur Afiyati, S. Pd.,S.Th. I

Jadwal Proses Penyiapan Buku
1 Januari 2015 - 14 Januari 2015                   : Perumusan TOR dan penguatan panitia
15 Januari 2015 – 10 Februari 2015               : Pengiriman berkas permohonan naskah
1 Februari – 10 Februari 2015                        : Pemantauan, penelusuran dan pernaskahan
1 Maret – 30 April 2015                                  : Penyuntingan naskah
1 Mei – 31 Mei 2015                                       : Penyempurnaan data kelengkapan buku
1 Juni – Juli 2015                                            : Pencetakan
Juli – Agustus 2015                                         : Penerbitan

28 Agustus 2015                                             : Launching buku 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar