Senin, 14 Mei 2012

Renstra Perpustakaan


RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)
PERPUSTAKAAN PONDOK PESANTREN PABELAN (P4)
PERIODE TAHUN 2011-2016
Pustaka Mencerdaskan dan Menggerakkan
I.               Dasar
Penyusunan rencana strategis (Renstra) Perpustakaan Pondok Pesantren Pabelan (P4) didasarkan pada :
a.      Nilai-nilai keislaman : QS al-Alaq (96): 1-5; QS al-Mujadalah (58): 11
b.      Ruh perjuangan : QS ar-Ra’du (13): 11: QS al-Balad (90): 4
c.       Nilai-nilai kepesantrenan: Pancajiwa Pondok; Motto Pondok
d.      Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) serta Program Jangka Panjang (PJP) Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan tahun 2001-2025
e.      Instrumen Pengelolaan: Maju bukan karena dibantu; Lakukan apa yang ditulis dan tulis apa yang dilakukan

II.             Visi : Terwujudnya Perpustakaan yang Efektif, Mencerdaskan dan Menggerakkan
III.      Misi :
   1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Buku dan Sumber Belajar
   2. Mendiskusikan Buku Terpilih dan Tema Pilihan
   3. Melatihkan Cara Membaca Efektif
   4. Meneliti dan Membimbing Penelitian Santri
   5. Membangun Apresiasi terhadap Gerakan Buku/Budaya Berkemajuan

IV.           Sasaran    :
a.     Penguatan peran dan fungsi P4 sebagai institusi fasilitator, motivator dan pengayom dalam pengembangan kapasitas serta peningkatan etos keilmuan segenap warga Pondok Pesantren Pabelan
b.     Meningkatnya tradisi keilmuan dan budaya kritis segenap warga Pondok Pesantren Pabelan
c.      Meningkatnya apresiasi segenap warga Pondok Pesantren Pabelan terhadap gerakan budaya berkemajuan dan berperadaban tinggi

V.             Strategi   :
a.  Strategi Partisipatif    : Yakni melibatkan sebanyak mungkin partisipan anggota perpustakaan dengan cara membangun prakarsa  inisiatif dan penyadaran diri dalam hidup berkemajuan
b. Strategi Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi dan Simplifikasi (KISS) dengan maksud progam dan kegiatan perpustakaan yang tampak sederhana namun bermakna penting bagi pergerakan budaya berkemajuan dan berperadaban tinggi
c.   Pendekatan Jaringan  : Melibatkan secara horisontal dengan banyak pihak swasta, pemerintah, lembaga masyarakat, ormas untuk lebih menguatkan pergerakan budaya berkemajuan dan berperadaban tinggi

VI.           Program dan Kegiatan
a.     Program Organisasi dan Kelembagaan
1. Menyelenggarakan ke-TU-an yang efektif-efisien
2. Menyelenggarakan rapat kerja, musyawarah dan evaluasi yang standar
3. Menjalin komunikasi dan kerjasama internal-eksternal yang cerdas-ikhlas
b.    Program Aksi dan Pelayanan
1. Menyelenggrakan peminjaman buku/sumber belajar yang efektif-efisien
2. Mengelola pemberian Pustaka Award (PA) atau Library Person of The Year
3. Mengelola pemberian Anggota Kehormatan Perpustakaan (AKP)
c.     Program Pengembangan Sumberdaya
1. Mengelola kegiatan Bedah Buku (BB) yang efektif-efisien
2. Mengelola kegiatan Pelatihan Membaca Efektif (PME)
3. Mengelola kegiatan Pelatihan Penelitian Santri (PPS) dan pembimbingannya
d.    Program Pengembangan Sistem Jaringan
1. Melakukan silaturahmi dengan sumber belajar, sumber ilmu dan sumber pustaka
2. Menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan lembaga dan pihak yang seiring
3. Melibatkan diri pada gerakan budaya berkemajuan dan berperadaban tinggi

VII.         Uraian Tugas Pokok dan Fungsi
Dari tenaga yang tersedia dan bersedia di Perpustakaan Pondok Pesantren Pabelan tahun 2011-2016, khususnya pada tahun 2011-2012 ini maka pembagian dan uraian tupoksi dibuat sebagai berikut:
No.
Nama, jabatan
Tugas Pokok dan Fungsi
1.
Muhammad Nasirudin, Kepala Perpustakaan
·                Melakukan koordinasi internal-eksternal
·                Memimpin rapat dalam pengambilan keputusan
·                Penanggung jawab kegiatan perpustakaan
2.
Usth. Nur Afiati, Kapro Organisasi dan Kelembagaan
·                Melakukan koordinasi mendampingi Kepala
·                Mewakili Kepala jika Kepala berhalangan
·                Bertanggung jawab atas administrasi keuangan dan konsolidasi organisasi
3.
Ust. Taufiq Rahman, Kapro Aksi dan Pelayanan
·                Melakukan koordinasi internal program Aksi dan Pelayanan
·                Memimpin kegiatan program Aksi dan Pelayanan
·                Bertanggung jawab kesuksesan program Aksi dan Pelayanan
4.
Ust. Agung Sobirin, Kapro Pengembangan Sumberdaya
·                Melakukan koordinasi internal program Pengembangan Sumberdaya
·                Memimpin kegiatan program Pengembangan Sumberdaya
·                Bertanggung jawab kesuksesan program Pengembangan Sumberdaya
5.
Ust. Mukhlis Ardiansyah, Kapro Pengembangan Jaringan
·                Melakukan koordinasi internal program Pengembangan Sistem Jaringan
·                Memimpin kegiatan program Pengembangan Sistem Jaringan
·                Bertanggung jawab kesusksesan program Pengembangan Sistem Jaringan
6.
Pustakawan-Pustakawati
·                Melakukan tugas yang diamanahkan dalam kegiatan perpustakaan
·                Mengikuti segenap kegiatan perpustakaan guna sempurnanya pelaksanaan
·                Bertanggung jawab atas suksesnya tugas yang diamanahkan kepadanya



VIII.       SOP-SPO (Standar Prosedur Operasional) Ragam Kegiatan Perpustakaan


A.             Bedah Buku /Diskusi  Perbukuan
1.     Pilih topik , buku dan pembedah dalam setahun.
2.     Tentukan waktu, tempat sesuai konteks
3.     Kelola  maksimal dengan kekhasan : tepat, efektif, efisien
4.     Jadwalkan dalam setahun
5.     Pemberian sertifikat/kenangan untuk para narasumber langsung setelah selesai acara
6.     Undangan spanduk umum, dan undangan foto copy efektif
7.     Back-drop spanduk abadi layak dan fungsional sesuai konteks



B.             Pustaka Award
Pemberian piagam pengahargaan tokoh perpustakaan dengan sistem seleksi calon :
1.     Data usulan calon ditulis setiap akhir bulan selama setahun
2.     Calon penerima memiliki komitmen terhadap dunia perbukuan
3.     Usulan berdasar kepentingan lembaga perpustakaan pondok pebelan
4.     Data setahun dianalisis dengan nominasi gradatif
5.     Dinominasikan yang representatif
6.     Ditetapkan Library Person Of The Year 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016
7.     Diberikan piagam dan hadiah dari lembaga


C.             Pemberian Anggota Kehormatan Perpustakaan Pondok Pabelan
1.     Diberikan kepada tokoh/person  dari luar
2.     Pencalonan lewat pimpinan, bagian tamu, berita media dengan pelengkapan identitas
3.     Penawaran kepada calon dengan mempertimbangkan respons
4.     Diberikan secara insidental, terpilih, dan mewakili
5.     Kepentingan apresiasi perpustakaan dan kepentingan lembaga pesantren
6.     Dicarikan event pemberian piagam AK yang tepat
7.     Evaluasi kegiatan dan pengarsipan keanggotaan AK


D.             Pelatihan Membaca Efektif (PME)
1.     Tersiapkannya materi pre-test, post-test dan pelatihan Membaca Efektif
2.     Hadirnya jumlah peserta PBE 10-20 orang dan siapnya trainer
3.     Kelengkapan pelatihan: backdrop, plano, papantulis, dll
4.     Pelaksanaan PME : tepat,efektif,efisien
5.     Sertifikat Kecepatan Membaca Efektif kepada setiap peserta
6.     Evaluasi kegiatan untuk peningkatan berikutnya
7.     Pengarsipan data dan tabulasinya
E.              Penelitian Santri dan Pembimbingannya
1.     Penyiapan modul pelatihan penelitian santri
2.     Hadirnya peserta dan siapnya trainer
3.     Pelaksanaan pelatihan: tepat, efektif dan efisien
4.     Sertifikat pelatihan untuk setiap peserta dan Rencana Tindak Lanjut (RTL)
5.     Penyiapan panduan penelitian santri standar pelajar
6.      Pembentukan dan penguatan komunitas peneliti santri
7.      Pembimbingan, penelitian dan pendampingan proposal penelitian
8.      Diskusi penelitian pelajar-santri dan kliping media
F.              Pelayanan Buku dan Sumber Belajar
1.     Pemilihan sistem-strategi-cara pelayanan yang standar
2.     Pengadaan, pendataan dan penyiapan buku/sumber belajar
3.      Penyediaan sarana dan tempat memadai
4.      Pelayanan S3 (Salam, Senyum, Sapa) secara efektif dan efisien
5.     Pengeloaan lingkungan belajar yang kondusif dan menyamankan
6.     Pendataan pengunjung/anggota
7.     Penyajian-pemaparan data pada data-dinding
G.            Penerbitan buletin santri DIALOG
1.     Perencanaan menyeluruh: kapan terbit, apa Laputnya, bagaimana organisasinya
2.     Pengorganisasian: Tupoksi (Redaksi, Usaha, Umum)
3.     Pelaksanaan: penelusuran data, penulisan, penyuntingan
4.     Setting, lay-out dan pewajahan setiap halaman
5.     Kalkulasi biaya-harga dan pencetakan buletin
6.     Distribusi dan dokumentasi-arsip
7.     Evaluasi penerbitan menyeluruh: rencana, proses, hasil dan respons



IX.                Matriks Kegiatan P4 Periode Tahun 2011-2016

Program  dan
Kegiatan
Base line 2011
Indikator keberhasilan
Sasaran & Pelaksana
Pihak Terlibat
Waktu dan Target
2012
2013
2014
2015
2016
1
Program Organisasi & Kelembagaan
Menyelenggarakan ke-TU-an









Menyelenggarakan raker, evaluasi









Komunikasi intern-ekstern









2
Program Aksi & Pelayanan
Peminjaman buku / sumber









Pemberian PA









Pemberian AK









3
Program Pengembangan Sumberdaya
Bedah Buku









Pelatihan Membaca Efektif









Pelatihan Penelitian Santri









4
Program Pengembangan Jaringan
Silaturahmi sumber belajar









Jalin kerjasama seiring









Libatkan diri budaya tinggi












Tidak ada komentar:

Posting Komentar