Selasa, 20 Desember 2011

BMW AMMAN


BMW AMMAN
peduli dan menguatkan

Baitul Maal wal Wakaf (BMW) Muamalah Mandiri (AMMAN)
Badan Hukum No: 165/BH/KDK 11-19/XI/1999
Jalan Pemuda Barat 22 Muntilan 56413 Telp. (0293)5505761, 08122780606

BMW AMMAN adalah lembaga pelengkap dan penyempurna Baitul Maal wat Tamwil (BMT) AMMAN. Lembaga ini berada langsung di bawah kewenangan Pengurus; memiliki otonomi dalam mengelola kegiatan sosial-keagamaan dengan prioritas pada Wakaf, Zakat, Infak dan Sedekah (WaZIS). Secara formal lembaga ini dimulai pada tanggal 20 Juli 2009, namun secara faktual programnya sudah berjalan sejak berdirinya BMT AMMAN, yakni tanggal 1 Maret 1999.
Kami selalu siap-sedia mengelola WaZIS: yakni menerima amanah donasi dari Bapak/Ibu/Sdr pendonor untuk kemudian kami sampaikan kepada pihak yang berhak; baik dengan melewati program tertentu maupun memberikannya secara langsung.
Visi :
Menjadi lembaga pengelola Wakaf, Zakat, Infak dan Sedekah (WaZIS) yang terpercaya, profesional, dan transparan; khususnya di Kabupaten-Kota Magelang
Misi
1. Menerima dan mengumpulkan harta benda WaZIS dari para donatur, pendonor
2. Mengelola dan menyampaikan harta benda WaZIS untuk para pihak yang berhak
3. Memromosikan kegemaran dan kebiasaan ber-WaZIS guna kesejahteraan bersama
Program Unggulan:
Gerakan Beasiswa Terpilih
Gerakan Santunan Dakwah
Gerakan Penguatan Pekerjaan
Gerakan Beasiswa Terpilih
Pendidikan sangatlah penting, apalagi dalam kehidupan yang penuh kompetisi. Guna menguatkan keinginan maju para pelajar maka dibuatlah gerakan beasiswa, yakni pemberian dana-stimulasi pendidikan untuk pelajar. Besarnya dana disesuaikan dengan tingkat pendidikannya. Besaran yang ditawarkan untuk saat ini adalah:
·         Pelajar tingkat SD/MI                               20.000,-/orang/bulan
·         Pelajar tingkat SMP/MTs                          30.000,-/orang/bulan
·         Pelajar tingkat SMA/SMK/MA                70.000,-/orang/bulan
Sehubungan dengan terbatasnya dana yang ada dibandingkan banyaknya pelajar yang membutuhkan bantuan maka dilakukan pemilihan sasaran. Proses pemilihan dengan prioritas pada (i) prestasi pelajar di sekolah, dan (ii) keadaan ekonomi orang tua.
Gerakan Santunan Dakwah
Dakwah Islam merupakan kegiatan ibadah dan denyut hidup setiap muslim-muslimah. Selain juga merupakan citra dan eksistensi ummat. Guna menguatkan dakwah di masyarakat maka dibuatlah gerakan santunan dakwah, yakni pemberian dana-stimulasi kepada pelaku dakwah dan program/kegiatan dakwah yang terpilih. Proses pemilihan diprioritaskan pada (i) pelaku dakwah yang lemah ekonomi, dan (ii) program dakwah yang strategis lagi penting. Adapun besarnya dana stimulasi disesuaikan dengan ketersediaan dana yang ada, kebutuhan sasaran dakwah serta kemanfaatannya bagi ummat.

Gerakan Penguatan Pekerjaan
Bekerja bagi seorang muslim-muslimah adalah keutamaan hidup, sarana memerangi kemiskinan serta faktor penting guna terciptanya kemakmuran. Oleh karena itu kemampuan orang dalam bekerja, ketahanan, produktivitas serta ketepatan pada pilihan pekerjaan merupakan hal yang penting dan perlu untuk ditumbuhkan serta dikuatkan. Guna membina motivasi dan keterampilan kerja itu maka diformatkanlah program pelatihan/training yang sesuai. Pelatihan/training yang ditawarkan saat ini antara lain adalah Achievement Motivation Training (AMT), The Seven Habits of Highly Effective People (The 7 Habits), Practical Enterpreunership (Kewiraswastaan), Leadership and Management Outbond Training (Outbond). Pelaksanaan training ditentukan kemudian berdasarkan kebutuhan/permintaan masyarakat, ketersediaan dana serta kesiapan pengelola.
Pengurus
Muhammad Nasiruddin, MA; Drs. Nur Edi Pratiknya; Eko Prasetyo, S.Pd; Ahmad Nordin Arif, S.Pd.
Pengawas: Drs. H. Fathony, MA; KH Abdul Malik; Suradi, S.Ag; Kelik Widaryanto, S.Pt.

BMW AMMAN
peduli dan menguatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar